Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian Kabupaten Banjar Serahkan Buku Standar Harga Barang dan Jasa untuk Anggaran Pemkab Banjar 2020

Adanya perubahan harga di beberapa jenis barang, Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian Kabupaten Banjar menyerahkan buku Standar Harga Barang dan Jasa tahun 2019.

Buku tersebut untuk keperluan Pemerintah Kabupaten Banjar tahun anggaran 2020.

Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kabupaten Banjar, HM Farid Soufian menjelaskan, pembuatan buku tersebut agar memudahkan dalam menentukan harga barang dan jasa, setiap kegiatan di Pemkab Banjar.

Buku standar harga barang dan jasa tahun 2019 ini merupakan perbaikan data atau revisi dari penyusunan sebelumnya yang berdasarkan hasil surveI karena terjadi perubahan harga dibeberapa jenis barang.


Tujuannya agar dapat digunakan oleh instansi dalam penyusunan anggaran pendapatan dan belanja daerah yang efektif dan efisien tahun anggaran 2020. Penyusunan ini dilaksanakan atas kerjasama pemerintah daerah Kabupaten Banjar melalui Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kabupaten Banjar dengan Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Banjar.

“Buku yang kami susun, sebagai dasar harga pengadaan barang dan jasa serta perencanaan anggaran tahun 2020, sehingga ada keseragaman dalam pengadaan barang dan jasa di lingkup Pemkab Banjar,” kata Farid Soufian.

Sedangkan buku ini merupakan upaya pemenuhan data oleh Dinas Kominfo, Statistik dan Persandian Kabupaten Banjar tentang harga-harga barang dan jasa khususnya untuk keperluan instansi lingkup Banjar tahun anggaran 2020, sebagai acuan harga pembanding dalam penyusunan Harga Satuan Pokok Kegiatan (HPSK) yang berdasar keputusan Bupati Banjar.


“Diharapkan standar harga barang dan jasa ini dapat dijadikan bahan rujukan dan pedoman bagi organisasi perangkat daerah/OPD dalam penyusunan, perencanaan, pelaksanaan dan pengawasan,” imbuhnya.

Penyerahan secara simbolis dilakukan oleh Bupati Banjar, H Khalilurrahman kepada Kepala Bapedalitbang, Hj Galuh Tantri Narindra, Direktur PD Pasar Bauntung Batuah Rusdiansyah dan Camat Kecamatan Martapura Kota, sebelum Rapat Koordinasi Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Lingkup Pemkab Banjar, di Aula Barakat Pemkab Banjar, Senin (19/8) lalu.

Bupati Banjar, H Khalilurrahman pun meminta buku yang telah disusun, bisa sebagai acuan bagi OPD dalam menyusun perencanaan anggaran dan belanja.

Dirinya menekankan agar OPD untuk bersinergi dalam setiap kegiatan guna mencapai kesejahteraan bagi masyarakat dan daerah. (Banjarmasinpost.co.id/Hasby)

Posting Komentar

0 Komentar