E-Money, Cara Mudah Belanja Sampai Bayar Tol

Top Up E-money

Ada banyak kemajuan dibidang teknologi yang dibuat untuk memudahkan kehidupan manusia modern sekarang, salah satunya adalah elektronik money atau e-money yang memudahkan manusia untuk bertransaksi dengan cashless atau transaksi non tunai.

e-money sendiri adalah salah satu bentuk uang digital, di mana e-money berfungsi untuk memindahkan data saldo uang yang terkandung pada e-money kita ke komputer atau sistem informasi penjualan, sehingga barang yang kita inginkan terbeli tanpa mengeluarkan tambahan uang cash. Sebelum bisa digunakan penggunanya diharuskan Top Up E Money terlebih dahulu agar saldo didalam kartu terisi.

Di Indonesia, kita mengenal e-money dalam bentuk kartu dan token. E-money berbentuk kartu terdiri dari kartu prabayar dan kartu yang diterbitkan oleh institusi perbankan tertentu. Sementara itu, e-money berbentuk token dapat berupa replika koin ataupun sekumpulan gambar dan tulisan yang melekat pada smartphone seseorang.

Secara umum, e-money yang bentuknya kartu prabayar cenderung memiliki saldo yang jauh lebih sedikit dibandingkan dengan kartu e-money yang diterbitkan oleh bank. Kendati demikian, pendaftaran e-money berbentuk kartu prabayar cenderung lebih cepat dan singkat dibandingkan dengan pendaftaran e-money berbentuk kartu dari bank, yang mungkin akan membutuhkan verifikasi transaksi dalam waktu tertentu.

Di sisi lain, e-money berbentuk token serupa dengan uang koin merupakan hal yang menarik, karena dengan adanya e-money berbentuk mirip dengan uang koin akan memudahkan masyarakat untuk lebih mengingat dan beradaptasi dengan penggunaannya. Meskipun demikian, token yang terhubung dengan aplikasi smartphone juga memudahkan penggunanya untuk terus mendapatkan update terkini terkait aturan penambahan atau penarikan saldo atau promosi-promosi yang dapat dilakukan dengan e-money, mengingat makin banyaknya pengguna smartphone di Indonesia masa kini.

Di Indonesia sendiri ada beberapa instansi yang mengeluarkan kartu produk e-money, seperti:

1.    Indomaret
Indomaret mengeluarkan kartu e-money yang diberi nama Indomaret Card. kartu E-money dari Indomaret ini bekerjasama dengan Bank Mandiri. Lebih kerennya lagi, kartu ini selain digunakan untuk membayar transaksi non-tunai, tapi juga bisa dipakai untuk keperluan berbelanja di outlet-outlet Indomaret yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia.

2.    BNI
Sebagai salah satu upaya mempermudah nasabah nya melakukan transaksi, BNI pun mengeluarkan produk E-Money yang diberi nama BNI Tap Cash. Kartu ini pun bisa digunakan untuk pembayaran transaksi non-tunai juga pembayaran jasa tol. Untuk mendapatkannya, kamu bisa datang ke bank BNI terdekat dan outlet khusus. Saldo maksimum yang bisa ditampung oleh BNI tap cash ialah 1.000.000.

3.    BCA
Selanjutnya ada kartu E-Money dari salah satu bank swasta terbesar di Indonesia, yakni BCA (Bank Central Asia). Mereka dapat dikatakan merupakan pelopor dalam hal kartu transaksi non-tunai atau uang elektronik ini. Mereka menamai kratunya dengan sebutan Flazz Card BCA. Uang canggih tersebut pun bisa kamu miliki dengan membeli langsung di bank BCA terdekat atau outlet tertentu. Kartu ini bisa kamu gunakan untuk mebayar toll dengan mudah dan transaksi non-tunai lainnya. Minimal saldo pengisian ialah Rp. 20.000 dan maksimal ialah Rp. 1.000.000. Sedikit informasi, biasanya kartu yang dikeluarkan oleh Bank hanya memiliki tampilan gambar biasa seperti pada umumnya.

4.    Mandiri
Sebagai bank BUMN, Mandiri pun turut mengeluarkan seri kartu E-Money versi mereka. Mereka pun tercatat bekerja sama dengan Gaz Card guna membuat kartu yang diklaim lebih baik serta memiliki fungsi pembayaran yang lebih luas. Untuk mendapatkannya, kamu bisa langsung membeli di bank terdekat, mini market, atau outlet khusus. Pasalnya Mandiri juga turut bekerja sama outlet tertentu agar mempermudah orang mendapatkan produknya ini.

Posting Komentar

0 Komentar