Yuk Simak Cara Memilih Rehabilitasi Mental untuk Korban Salah Rehabilitasi


Rehabilitasi Mental Tepat
Gangguan mental yang dialami oleh seseorang menyebabkan ia harus direhabilitasi. Namun sayangnya, pemilihan tempat rehabilitasi yang tidak tepat bisa menyebabkan ganguan mental yang dialami semakin parah. Penyebab dari kesalahan tempat rehabilitasi ini sebabkan kurangnya pengetahuan orang tua mengenai kondisi psikolog anak. Berikut ini cara memilih tempat rehabilitasi yang tepat untuk korban salah rehabilitasi agar cepat pulih.

Tips Memilih Tempat Rehabilitasi Mental yang Tepat

1. Cari Tahu Lebih Banyak Mengenai Kondisi Psikologis Anak
Hal pertama yang harus dilakukan sebelum memilih tempat rehabilitasi adalah memahami kondisi psikologis anak. Kebanyakan kasus gangguan mental merupakan akibat dari kesalahpahaman orang tua yang mengaggap anaknya mengalami sakit jiwa. 

Padahal gangguan mental sangat beragam dan belum tentu tergolong dalam sakit jiwa. Maka dari itu, anda perlu mendekatinya, masalah yang dihadapi dan menanyakan apa yang akhir-akhir ini terjadi padanya.

Menurut Dr. Gumilar, seperti ditulis pada laman blognya http://gumilar.net/, penyebab dari gangguan mental bisa beragam macamnya, mulai dari faktor genetik hingga lingkungan. Kemungkinan anak terkena gangguan mental bisa disebabkan kondisi pikiran yangsedang stress dan tertekan sehingga menyebabkan kondisi psikologisnya terganggu.

 Maka dalam hal ini, orang tua harus mengurangi hal-hal yang bisa memicu stres anak korban salah rehabilitasi.

2. Pahami Efek Samping Penggunaan Obat-Obatan Medis
Di tempat rehabilitasi ada kemungkinan penggunaan obat-obatan medis yang bisa menyebabkan kondisinya semakin parah. Mungkin penggunaan obat antidepresi memang bertujuan untuk menghilangkan depresi yang dialami oleh penderita gangguan mental.
Jika bekerja dengan baik, maka antridepresi dapat membantu meredakan gejala psikologis akibat stress yang berlebihan. Namun, efek sampingnya cukup berbahaya bagi penderita gangguan mental. 

Penggunaan yang berlebihan bisa menyebabkan keseimbangan senyawa kimia yang ada di otak. Kondisi ini bisa memicu gangguan fungsi pada otak. Sehingga gejala yang timbul bisa semakin parah dan menyebabkan halusinasi yang berlebihan. 

Maka dari itu penggunaan obat-obatan ini haruslah sesuai dengan pengawasan doketr agar tidak sampai menimbulkan efek samping yang serius. Atau anda bisa mencoba alternatif penyembuhan lain untukkorban salah rehabilitasi.

3. Melihat Pelayanan yang Diberikan Di Tempat Rehabilitasi
Ada banyak kasus salah tempat rehabilitasi karena pelayanan yang kurang tepat. Di beberapa tempat, anak yang terkena gangguan mental diberikan perlakuan kekerasan fisik sehingga kondisi saat pulang semakin parah. 

Maka dari itu, sebelum anda memilih tempat rehabilitasi, sebaiknya pastikan bahwa tempat tersebut memiliki pelayanan yang baik terhadap pasien. Tim rehabilitasi memiliki peran yang penting dalam penyembuhan pasien yang terkena gangguan mental.

4. Penggunaan Hipnoterapi Dalam Rehabilitasi
Tingkat Depresi yang semakin parah bisa menyebabkan seseorang nekat melakukan bunuh diri. Maka dari itu, perlu adanya jenis terapi tertentu yang digunakan untuk mengurangi gangguan mental yang semakin parah. 

Salah satu terapi yang dinilai cukup efektif dalam mengobati gangguan mental korban salah rehabilitasi adalah hipoterapi. Terapi ini menyamakan frekuensi gelombang otak dengan musik tertentu untukmenyeimbangkan gelombang otak pasien.
Kondisi ini akan membuat penderita beralih dari frekuensi depresi ke frekuensi yang lebih rileks. Dengan keadaan yang lebih tenang ini, maka terapis akan menghilangkan memori yang sudah tertanam dalam pikiran bawah sadar yang menyebabkan ganggan mental. 

Namun dalam program hipnoterapi ini, sebelumnya pasien harus melakukannya sesuai dengan keinginan agar penyembuhan dari gangguan mental bisa lebih cepat dan efektif.

5. Adanya Psikoreligius
Gangguan mental juga membutuhkan terapi yang bisa mendekatkan dirinya dengan Tuhan. Rehabilitasi yang menerapkan kegiatan keagamaan untuk mengobati gangguan mental bisa menjadi pilihan tempat rehabilitasi yang tepat. 

Kondisi pikiran yang terganggu pada penderita penyakit mental membuat dirinya semakin depresi. Sedangkan kegiatan keagamaan ini akan membuat pasien korban salah rehabilitasi semakin dekat dengan Tuhan sehingga lebih tenang.

Pasien salah rehabilitasi membutuhkan tempat rehabilitasi yang tepat. Penyebab dari timbulnya gejala yang semakin parah setelah melakukan rehabilitasi adalah penggunaan obat-obatan medsi yang berlebihan sehingga menyebabkan senyawa kimia di dalamotak menjadi tidak seimbang. 

Kondisi ini bisa memicu pada gangguan mental yang lebih serius. Maka dari itu, anda perlu beralih pada tempat rehabilitasi yang menerapkan hipnoterapi untuk penyembuhan.

Posting Komentar

0 Komentar